Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo Tahun 2013/ 2014

Rahmah, Citra Samsu Nur and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo Tahun 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (707kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari aktivitas belajar siswa, (3) perbedaan efek pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK MUHAMMADIYAH 2 SUKOHARJO. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 167 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X TKJ dan X Garmen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket aktifitas belajar siswa, metode tes hasil belajar matematika, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil penelitian pada = 5%, diperoleh: (1) terdapat perbedaan efek penerapan pembelajaran (saintifik dengan model PBL dan konfensional) terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat perbedaan efek tingkat aktifitas belajar siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan pembelajaran dan aktifitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Saintifik, Problem Based Learning, PBL, Aktifitas Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2014 12:21
Last Modified: 14 Oct 2021 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29930

Actions (login required)

View Item View Item