Wibowo, Arisona Heri and , Drs.Ariyanto,.M.Pd (2014) Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 4 Blora Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (404kB) |
|
|
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (550kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (69kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Blora pada materi kubus dan balok dengan strategi Realistic mathematics Education (RME). Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Blora, yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan Keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas siswa meliputi: 1) siswa yang berani bertanya sebelum tindakan 13,64%, Siklus I 18,18%, Siklus II 22,73%, dan Siklus III 36,36%. 2) siswa yang memperhatikan guru sebelum tindakan 40,91%, Siklus I 50,00%, Siklus II 63,64%, dan Siklus III 81,82%. 3) siswa yang mau mengerjakan soal sebelum tindakan 31,82%, Siklus I 40,91%, Siklus II 54,55%, dan Siklus III 77,27%. 4) Siswa yang mau menjawab pertanyaan sebelum tindakan 9,09%, Siklus I 13,64%, Siklus II 13,64%, dan Siklus III 27,27%.. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Realistic Education, Mathematics, Kubus dan Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2014 11:14 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29926 |
Actions (login required)
View Item |