Arianto,, Agus and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, M. Hum (2014) Implementasi Pengembangan Karakter Peduli Sosial Di Homeschooling (Studi Kasus pada Siswa di Homeschooling Kak Seto Solo Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (369kB) |
|
|
PDF (HalamaN Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (792kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi pengembangan karakter peduli sosial pada siswa di homeschooling Kak Seto Solo tahun pelajaran 2013-2014 berikut dengan kendala dan solusinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen atau arsip. Teknik untuk menguji validitas atau keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, khususnya triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan dengan menerapkan model analisis interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dalam mengoktimalkan kemampuan dari peserta didik secara aktif dalam mengembangkan potensi diri yang dimiliki siswa termasuk karakter peduli sosial di dalamnya. Homeschooling merupakan pendidikan non formal yang memiliki tugas mengembangkan pendidikan karakter peduli sosial pada siswa. Hasil penelitian ini penelitian ini menunjukkan bahwa 1) secara umum implementasi pengembangan karakter peduli sosial di homeschooling Kak Seto Solo telah terlaksana dengan baik terbukti dengan siswa telah mamiliki sikap untuk membantu orang yang sedang dalam mengalami kesulitan 2) walaupun sudah berusaha mengembangkan karakter peduli sosial namun masih terdapat kendala dalam penanaman karakter kemandirian yang muncul dari anak diantaranya yaitu membeda-bedakan dalam bergaul, sikap individual, dan kurang peka terhadap perasaan orang lain 3) solusi untuk mengatasi kendala dalam implementasi pengembangan karakter peduli sisial yaitu dengan cara memberikan bimbingan dan arahan, perhatian maupun pengawasan yang lebih ektra terhadap siswa yang memiliki kebutuhan khusus, komunikasi yang baik antara tutor dan membiasakan siswa untuk dapat mandiri dengan memberikan kepercayaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, karakter, peduli sosial, dan homeschooling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Aug 2014 11:03 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29916 |
Actions (login required)
View Item |