Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV SD N Sokokulon 2 Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2013/2014

Mulyaningsih, Cicik and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV SD N Sokokulon 2 Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._halaman_depan.pdf

Download (421kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas IV SD N Sokokulon 02 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013/2014 melalui pendekatan Matematika Realistik, subyek penelitian yaitu: siswa kelas IV SD Negeri Sokokulon 02 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati sebanyak 13 siswa yang terbagi atas 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Adapun objek penelitian adalah pemahaman, matematika denga konsep bangun datar dan Pendekatan Matematika Realistik. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, post test, wawancara, dokumentasi, dan angket. Prosedur penelitianm meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan evaluasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Teknik Analisis Data yang digunkaan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran Matematika. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase pemahaman siswa dalam pembelajaran Matematika dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I prosentase pemahaman siswa sebesar 70%, pada siklus II sebesar 85% dan siklus III sebesar 100%. Hal ini membuktikan bahwa dengan melalui pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Matematika Realistik, Pemahaman Konsep, Bangun Datar
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 12:19
Last Modified: 16 Oct 2021 14:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29890

Actions (login required)

View Item View Item