Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Menjepit Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah X Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

MURTININGRUM, ENDANG and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Menjepit Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah X Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (660kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Aisyiyah X Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 melalui permainan menjepit kartu kata. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini anak kelompok B TK Aisyiyah X Boyolali semester II tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 20 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan analisis komparatif dan kritis. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dna II menunjukkan adanya peningkatan prosentase kemampuan membaca permulaan pada anak, kondisi awal atau pra siklus 33,1%. Siklus I meningkat menjadi 52,8% dan kondisi pada siklus II meningkat menjadi 81%. Dapat disimpulkan bahwa melalui permainan menjepit kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Aisyiyah X Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca permulaan, permainan menjepit kartu kata.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 12:05
Last Modified: 20 Oct 2021 04:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29856

Actions (login required)

View Item View Item