Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2013/2014

Wijiastuti, Wiwik and , Drs. Djumali, M.Pd (2014) Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, 2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa, 3) pengaruh lingkungan sekolah dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Teras tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 160 siswa dengan sampel 110 siswa yang diambil dengan tekhnik proportional random sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y= 60,748 + 0,355 X1 + 0,324 X2 Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah : 1) lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel yaitu 5,533 > 1,982 (α= 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; 2) keaktifan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel yaitu 2,856 > 1,982 (α= 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,005; 3) lingkungan sekolah dan keaktifan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung>Ftabel yaitu 24,101 > 3,081 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 83% dan sumbangan efektif sebesar 25,8%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 17% dan sumbangan efektif sebesar 5,3%. Hasil dari perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,311 yang berarti 31,1% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan sekolah dan keaktifan siswa, sisanya sebesar 69,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan sekolah, Keaktifan siswa, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2014 11:32
Last Modified: 19 Oct 2021 14:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29854

Actions (login required)

View Item View Item