Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Strategi Crossword Puzzle Pada Siswa Kelas II SD Negeri Singopuran 02 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Mahenningsih, Dian and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Strategi Crossword Puzzle Pada Siswa Kelas II SD Negeri Singopuran 02 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (822kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKAS.pdf

Download (321kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas II SD Negeri Singopuran 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dengan penerapan strategi Crossword Puzzle. Jenis penelitian ini adalah PTK, subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Singopuran 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan atau observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam belajar IPS yang dapat dilihat dari indikator-indikator motivasi belajar yang mencakup: 1) tekun menghadapi tugas, 2) ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa), 3) lebih senang bekerja mandiri, 4) tidak cepat bosan terhadap tugas-tugas yang rutin, dan 5) senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal. Sebelum dilakukan tindakan persentase motivasi belajar siswa 40,90%, pada siklus I pertemuan pertama persentase motivasi belajar siswa meningkat menjadi 54,54%, pada siklus I pertemuan persentase kedua motivasi belajar siswa meningkat menjadi 68,18%, pada siklus II pertemuan pertama motivasi belajar siswa meningkat menjadi 86,36%, dan siklus II pertemuan kedua persentase motivasi belajar siswa meningkat menjadi 95,45%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata 63,40, pada Siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70, dan pada Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas II SD Negeri Singopuran 02 Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, IPS, Strategi Crossword Puzzle.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 12:30
Last Modified: 16 Oct 2021 14:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29850

Actions (login required)

View Item View Item