Maharani, Arofah Septalinda and , Drs. Sudarto, HS. MM (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Crosswordpuzzle Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswadalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah10 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (634kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
PDF (daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (794kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran crossword puzzle pada siswa kelas VIII A SMP 10 Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi yang diperoleh dari setiap tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 30,55%. Sedangkan dari hasil penerapan strategi strategi crossword puzzle pada siklus I prosentase keaktifan siswa meningkat sebesar 56,48%, siklus II mengalami peningkatan dengan prosentase sebesar 75,92%. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi crossword puzzle dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi crossword puzzle, keaktifan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Aug 2014 09:34 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29845 |
Actions (login required)
View Item |