Winarsih, Dhita Ayu and , Dra. Wafrotur Rohmah SE. MM. (2014) Pengaruh Kinerja Dosen Dan Ketrampilan Mengajar Terhadap Keaktifan Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Pada Mata Kuliah Pengetahuan Hukum Perdata Dan Dagang Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kinerja dosen terhadap keaktifan belajar mahasiswa, 2) pengaruh keterampilan mengajar terhadap keaktifan belajar mahasiswa, 3) pengaruh antara kinerja dosen dan keterampilan mengajar terhadap keaktifan belajar mahasiswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012 yang berjumlah 154 mahasiswa dengan sampel sebanyak 106 mahasiswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 2,662 + 0,155 (X1) + 0,203 (X2), yang artinya keaktifan belajar mahasiswa dipengaruhi oleh kinerja dosen dan keterampilan mengajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) kinerja dosen berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar mahasiswa. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 2,526 > 2,274 dengan nilai signifikansi 0,013<0,05. (2) keterampilan mengajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar mahasiswa. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 3,679 > 2,274 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) kinerja dosen dan keterampilan mengajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar mahasiswa. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung F > tabel F yaitu 11,784 > 3,084 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Variabel kinerja dosen memberikan sumbangan efektif sebesar 6,387%. Variabel keterampilan mengajar memberikan sumbangan efektif sebesar 12,181%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 18,56%, sedangkan 81,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja dosen , Keterampilan Mengajar , Keaktifan Belajar Mahasiswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Aug 2014 07:39 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29840 |
Actions (login required)
View Item |