Suciwati, Suciwati and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Telepon Kaleng Kelompok B TK Al-Hidayah II Tanjunganom Grogol Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (472kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (444kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah tentang meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan telepon kaleng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan bahasa anak dengan menggunakan permainan telepon kaleng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan berbahasa pada anak yang diambil melalui metode observasi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 24 anak dan guru TK Al-hidayah II tanjunganom. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui permainan telepon kaleng. Peningkatan tersebut yaitu pada siklus I mencapai rata-rata penilaian anak 60% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 17%. Pada siklus II mencapai rata-rata penilaian anak 79% dengan peningkatan mencapai 19%. Pada siklus III mencapai rata-rata penilian anak 87% dengan peningkatan mencapa 8%. Kesimpulan dari penelitian ini Adalah permainan telepon kaleng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B Tk Al-Hidayah II tanjunganom.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbahasa, Permainan Telepon Kaleng |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 11 Aug 2014 12:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29838 |
Actions (login required)
View Item |