Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Muslimah, Hanafi and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2014) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (623kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
05.BAB_II.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Bab II)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (246kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap kreativitas belajar siswa, dan (3) pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap kreativitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 200 siswa dengan sampel sebanyak 127 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Angket telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 13,310 + 0,418 + 0,183 , artinya kreativitas belajar siswa dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan motivasi belajar. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) kemandirian belajar berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu (5,774) > (1,979) (α = 0,05). (2) motivasi belajar berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu (2,350) > (1,979) (α = 0,05). (3) kemandirian belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahum Ajaran 2013/2014. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh (25,126) > (3,069) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,288, berarti 28,8% kreativitas belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kemandirian belajar dan motivasi belajar, sisanya sebesar 71,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, motivasi belajar, kreativitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Aug 2014 09:03
Last Modified: 19 Oct 2021 14:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29831

Actions (login required)

View Item View Item