Cahyati, Arlian Ayu and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si (2014) Pengaruh Mata Kuliah Micro Teaching Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Tingkat Kematangan Calon Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_1.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh mata kuliah micro teaching terhadap tingkat kematangan calon guru, 2) adanya pengaruh PPL terhadap tingkat kematangan calon guru, 3) adanya pengaruh mata kuliah micro teaching dan PPL terhadap tingkat kematangan calon guru. Jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Semester VII Angkatan 2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah mengikuti mata kuliah micro teaching dan PPL sebanyak 167 mahasiswa dengan sampel 114 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data dengan uji regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y=11,725+0,139X1+0,306X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan antara mata kuliah micro teaching terhadap tingkat kematangan calon guru. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,381 > 1,982 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,019; 2) ada pengaruh yang signifikan antara PPL terhadap tingkat kematangan calon guru. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 4,286 > 1,982 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 3) ada pengaruh yang signifikan antara mata kuliah micro teaching dan PPL terhadap tingkat kematangan calon guru. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 22,151 > 3,078 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 31,24% dan sumbangan efektif sebesar 8,9%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 68,85% dan sumbangan efektif sebesar 19,6%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,285 yang berarti 28,5% tingkat kematangan calon guru dipengaruhi oleh mata kuliah micro teaching dan PPL, sisanya sebesar 71,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mata Kuliah Micro Teaching, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), dan Tingkat Kematangan Calon Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Aug 2014 08:48 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29830 |
Actions (login required)
View Item |