Rokhman, Fatkhur and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing Type Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Kelas VIII Semester Genap SMP N 3 Suruh Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (6MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.bab1.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Bab II)
05.bab2.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab III)
06.bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
||
PDF (Bab V)
08.bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan dan mengkaji penggunaan model pembelajaran Problem Posing type Pre Solution Posing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 3 Suruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindak Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII E SMP N 3 Suruh yang berjumlah 34 siswa. Pelaksanaan Tindakan Kelas dilakukan selama dua putaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis interaktif yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan teknik analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi model pembelajaran Problem Posing type Pre Solution Posing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. hal ini dapat dilihat dari indikator motivasi belajar meliputi 1) siswa yang tekun menghadapi tugas matematika ada 14 siswa (41,17%) setelah tindakan siklus II ada 25 siswa (73,52%). 2) siswa yang senang bekerja mandiri ada 9 siswa (26,47%) setelah tindakan siklus II ada 22 siswa (64,70%). 3) siswa yang menyelesaikan PR tepat waktu ada 15 siswa (44,11%) setelah tindakan siklus II ada 28 siswa (82,35%). Sedangkan indikator hasil belajar yaitu siswa yang mencapai tingkat ketuntasan (≥70) ada 12 siswa (35,29%) setelah siklus II ada 30 siswa (88,23%). Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa Implementasi model pembelajaran Problem Posing type Pre Solution Posing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Motivasi Belajarar; Problem Posing type Pre Solution Posing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 09:55 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29816 |
Actions (login required)
View Item |