Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing Type Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Kelas VIII Semester Genap SMP N 3 Suruh Tahun 2013/2014)

Rokhman, Fatkhur and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing Type Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Kelas VIII Semester Genap SMP N 3 Suruh Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.bab1.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II)
05.bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
06.bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] PDF (Bab V)
08.bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan dan mengkaji penggunaan model pembelajaran Problem Posing type Pre Solution Posing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 3 Suruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindak Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII E SMP N 3 Suruh yang berjumlah 34 siswa. Pelaksanaan Tindakan Kelas dilakukan selama dua putaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis interaktif yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan teknik analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi model pembelajaran Problem Posing type Pre Solution Posing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. hal ini dapat dilihat dari indikator motivasi belajar meliputi 1) siswa yang tekun menghadapi tugas matematika ada 14 siswa (41,17%) setelah tindakan siklus II ada 25 siswa (73,52%). 2) siswa yang senang bekerja mandiri ada 9 siswa (26,47%) setelah tindakan siklus II ada 22 siswa (64,70%). 3) siswa yang menyelesaikan PR tepat waktu ada 15 siswa (44,11%) setelah tindakan siklus II ada 28 siswa (82,35%). Sedangkan indikator hasil belajar yaitu siswa yang mencapai tingkat ketuntasan (≥70) ada 12 siswa (35,29%) setelah siklus II ada 30 siswa (88,23%). Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa Implementasi model pembelajaran Problem Posing type Pre Solution Posing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Motivasi Belajarar; Problem Posing type Pre Solution Posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jul 2014 09:55
Last Modified: 14 Oct 2021 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29816

Actions (login required)

View Item View Item