Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Pancing Pintar Pada Anak Kelompok A TK Kenari III Dragan Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Sulastri, Sulastri and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Pancing Pintar Pada Anak Kelompok A TK Kenari III Dragan Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (713kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (491kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok A TK Kenari III Dragan Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas. Subyek Penelitian tindakan ini adalah anak kelompok A TK Kenari III Dragan Musuk Boyolali yang berjumlah 19 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang perkembangan perkembangan kemampuan berhitung anak. Dokumentasi dipergunakan untuk melihat keaktifan anak pada saat pembelajaran berhitung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berhitung anak kelompok A TK Kenari III Dragan Musuk Tahun Pelajaran 2013/2014 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu anak yang mampu berhitung hanya 42,3% setelah dilakukan tindakan yang disepakati dengan menggunakan permainan pancing pintar pada proses pembelajaran berhitung anak diperoleh hasil yaitu siklus I mencapai 59,2% dan siklus II meningkat menjadi83,8%.hasil penelitian ini sudah mencapai indicator pencapaian.Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “ Melalui permainan pancing pintar dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A TK Kenari III Dragan Musuk Boyolali Tahun 2013/2014” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode permainan pancing pintar, kemampuan berhitung
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2014 12:15
Last Modified: 16 Oct 2021 14:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29810

Actions (login required)

View Item View Item