Persepsi Masyarakat Mengenai Hubungan Seksual Pranikah Di Kalangan Remaja (Studi Kasus di Desa Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan)

Widaryanti, Erma and , Dra. Hj. Sri Gunarsih, SH., MH. (2014) Persepsi Masyarakat Mengenai Hubungan Seksual Pranikah Di Kalangan Remaja (Studi Kasus di Desa Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf

Download (351kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (707kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan profil pelaku seks pranikah di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya seks pranikah di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, 3) Mendeskripsikan persepsi masyarakat tentang seks pranikah di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah remaja Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan yang melakukan seks pranikah. Objek penelitian ini adalah profil pelaku seksual pranikah remaja di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya hubungan seksual pranikah remaja di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, persepsi masyarakat tentang seks pranikah di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama, triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Kedua, triangulasi sumber data Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang Persepsi Masyarakat Mengenai Hubungan Seksual Pranikah Di Kalangan Remaja (Studi Kasus di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) profil pelaku seks pranikah di Desa Kuwu Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan rata-rata usia 16-22 tahun, dengan mayoritas beragama Islam dan tingkat pendidikan pelaku seks pranikah nikah rata-rata adalah SMA. 2) faktorfaktor yang mempengaruhi seks pranikah meliputi faktor intern dan faktor ekstern. faktor intern adalah krisis identitas dan kontrol diri yang lemah, sedangkan faktor ekstern yaitu keluarga, teman sebaya yang kurang baik dan lingkungan tempat tinggal yang kurang baik. 3) persepsi masyarakat terhadap kasus seks pranikah diantaranya: a) masyarakat beranggapan bahwa perilaku seks bebas itu tidak biasa, aneh, tabu, dan bahkan porno, b) seks pranikah menyebabkan adanya pandangan negatif di kalangan masyarakat, c) seks pranikah di katakan perbuatan menyimpang, dan d) Perilaku seks bebas dianggap melanggar norma.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi masyarakat, seks pranikah, remaja
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jul 2014 11:24
Last Modified: 19 Oct 2021 03:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29808

Actions (login required)

View Item View Item