Nurhayati, Uhtina Indah and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2014) Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas VII DSMP Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (469kB) |
|
|
PDF (halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dengan Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII D SMP Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa kelas VII D. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik atau metode. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model alir melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendekatan saintifik dengan Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII D SMP Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014, sudah disusun dalam kegiatan nyata dan efektif; 2) Guru PPKn kelas VII D SMP Negeri 1 Surakarta sudah mensosialisasikan kepada siswa mengenai pendekatan saintifik dengan Problem Based Learning sesuai indikator yang telah ditentukan; 3) Hampir semua siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Surakarta memenuhi indikator pendekatan saintifik dengan Problem Based Learning.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik dengan Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Jul 2014 08:05 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29805 |
Actions (login required)
View Item |