Winarsih, Tri and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Bulakrejo 1 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (713kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (683kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (198kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar IPS materi koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri Bulakrejo 1dengan menggunakan strategi pembelajaran Everyone one is a teacher here. Jenis Penelitian ini adalah PTK. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Bulakrejo 1yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki – laki, dan 10 siswa perempuan. Metode penguumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data , reduksi data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa. Peningkatan partisipasiterlihat dalam 4 aspek yaitu Partisipasi siswa dalam bertanya pada pra siklus sebanyak 7 siswa atau sebesar 30,43%, Siklus I sebesar 17 siswa atau sebesar 73,91%, dan siklus II sebanyak 20 siswa atau sebesar 86,95 %. Partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan pada pra siklus sebanyak 10 siswa atau sebesar 43, 50%, pada siklus I sebanyak 16 siswa atau sebesar 68,57%, pada siklus II sebanyak 20 atau sebesar 86,95%. Partisipasi siswa dalam member gagasan pada pra siklus sebanyak 6 siswa atau sebesar 26,09%, pada siklus I sebanyak 16 siswa atau sebesar 68,57%, pada siklus II sebanyak 20 siswa atau sebanyak 86,95%.Partisipasi siswa dalam membuat kesimpulan pada pra siklus sebanyak 8 siswa atau sebesar 34,80%, pada siklus I sebanayak 15 atau sebesar 65,21%, pada siklus II sebanyak 22 atau sebesar 95,65 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran Everyone one is a teacher heredapat meningkatkan partisipasi belajar IPS materi koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri Bulakrejo 1 tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran Everyone one is a teacher here, partisipasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 08 Jul 2014 08:39 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29765 |
Actions (login required)
View Item |