Nugroho, Agus Cahyo and , Minsih, S.Ag., M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Survey Question Reading Recall Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Saren 1 Kec. Kalijambe Kab. Sragen Tahun Pelajaran 2013-14. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02-Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (223kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03-Skripsi-Halaman_Depan.pdf Download (281kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04-Skripsi-Bab_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
05-Skripsi-Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab III)
06-Skripsi-Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab IV)
07-Skripsi-Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab V)
08-Skripsi-Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09-Skripsi-Daftar_Pustaka.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
10-Skripsi-Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi SQ3R pada siswa kelas V SD Negeri Saren 1 tahun pelajaran 2013-14. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kec. Kalijambe Kab. Sragen tahun pelajaran 2013-14 sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan tekhnik analisis data interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keterampilan membaca pemahaman yang digunakan adalah kemampuan menangkap isi bacaan, kemampuan meringkas bacaan, kemampuan menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan, dan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman yang berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa. Indikator kemampuan menangkap isi bacaan pada pra siklus sebesar 60,83, siklus I 66,5, siklus II 77,17, kemampuan meringkas isi bacaan pra siklus 60,17, siklus I 66,83, siklus II 77, kemampuan menjawab pertanyaan pra siklus 63,33, siklus I 69,17, siklus II 78, dan kemampuan menceritakan kembali is bacaan pra siklus 58,33, siklus I 67,5, siklus II 73,83. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman pra siklus adalah 60,67 dengan ketuntasan siswa 36,67%. Pada siklus I nilai rata-rata naik menjadi 67,5 dengan ketuntasan siswa sebanyak 70%. Sedangkan nilai ratarata pada siklus II naik menjadi 76,5 dengan ketuntasan siswa sebanyak 80%. Dengan demikian, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Saren 1 tahun pelajaran 2013-14 dapat ditingkatkan dengan strategi SQ3R.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca Pemahaman, Strategi SQ3R |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 08 Jul 2014 08:11 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 00:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29761 |
Actions (login required)
View Item |