Analisis Disfemia Pada Kolom Opini Surat Kabar Harian Bola Edisi Desember 2013 Serta Implikasinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA/SMK

Nurwanti, Nurwanti and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2014) Analisis Disfemia Pada Kolom Opini Surat Kabar Harian Bola Edisi Desember 2013 Serta Implikasinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA/SMK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (642kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (271kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasikan bentuk pemakaian disfemia yang terdapat pada kolom opini surat kabar harian Bola edisi Desember 2013, (2) menggali nilai rasa yang terkandung dalam pemakaian disfemia pada kolom opini surat kabar harian Bola edisi Desember 2013, (3) mendeskripsikan implikasi pemakaian disfemia dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA/SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang datanya bersumber dari kolom opini surat kabar harian Bola edisi Desember 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan teknik catat. Teknik pemeriksaan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi teori. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan referensial, pragmatik dan HBS, selain itu juga menggunakan metode agih teknik ganti. Hasil penelitian ini adalah: (1) Bentuk pemakaian disfemia pada kolom opini surat kabar harian Bola edisi Desember 2013 dikelompokkan menjadi tiga yaitu: a) kata, seperti tewas pada kalimat Memang tidak ada lagi pembalap yang tewas di F1 sejak tragedi Senna itu alias sudah hampir 20 tahun, b) frasa, seperti mengisap taktik pada kalimat Mou mengisap taktik permainan Sir Bobby Robson, mind games, dan otoriter Van Gaal. (2) Nilai rasa yang terkandung dalam pemakaian disfemia pada kolom opini surat kabar harian Bola edisi Desember 2013 yaitu: a) menyeramkan, seperti merampas kekuasaan, kegarangan, raksasa Asia; b) mengerikan, seperti terkapar, tajam, masa penggodokan; c) menakutkan, seperti menyihir dunia, dedengkot, kutukan; d) menjijikkan, seperti menggeliat, menyedot, mati kutu; e) dahsyat, karena bersifat berlebihan seperti menggedor, membanjiri, mendobrak; f) tidak sopan atau kasar, seperti pelacur intelektual, mengawini, ditukanginya. (3) Hasil penelitian ini memiliki implikasi positif terhadap pembelajaran, yaitu sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA/SMK dan pembelajaran etika berbicara untuk membentuk kepribadian dalam diri peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: disfemia, nilai rasa, implikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2014 10:36
Last Modified: 17 Oct 2021 13:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29737

Actions (login required)

View Item View Item