Setyaningsih, Setyaningsih and , Dra. Hj. Sri Arfiah, SH., M.Pd . (2014) Penanaman Karakter Percaya Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus SMP Negeri 24 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (5MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (5MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 24 Surakarta. 2. Mendeskripsikan implementasi penanaman karakter percaya diri melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 24 Surakarta. 3. Mendeskripsikan faktor yang menjadi kendala dalam penanaman karakter percaya diri melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 24 Surakarta. 4. Mendeskripsikan solusi menghadapi kendala dalam penanaman karakter percaya diri melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Penelitian ini menggunakan sumber data dari informan atau narasumber, peristiwa serta dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan mengkaji dokumen atau arsip. Untuk keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data yang meliputi perpanjangan pengamatan dan triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisisnya menggunakan analisis interaktif yang digunakan untuk memaparkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan kegiatan seni tari diadakan setiap hari Jumat pukul 15.30 WIB. 2. Penanaman karakter percaya diri melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari melalui ekspresi wajah saat menari, keluwesan gerak tubuh dan ketepatan formasi. 3. Kendala yang dihadapi yaitu ketepatan waktu masuk latihan, tempat belum tersedia tempat khusus, belum tersedianya kostum penari. 4. Solusi dalam menghadapi kendala dengan memberi kesengangan waktu, memanfaatkan kelas kosong, menyewa kostum dari luar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter, percaya diri, ekstrakurikuler, seni tari |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 09:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29731 |
Actions (login required)
View Item |