Siswanto, Arif and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, MH. (2014) Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dan Aktivitas Dalam Osis Terhadap Sikap Demokratis Pada Siswa Kelas XI SMKN 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi.pdf Download (633kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (141kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meengetahui ada tidaknya pengaruh prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan aktivitas dalam OSIS terhadap sikap demokratis pada siswa kelas XI SMKN 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 395 siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 47 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purpossive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok angket. Berdasarkan hasil pengujian X1 dan X2 terhadap Y dengan menggunakan uji F, didapatkan nilai f hitung yaitu: 9.024 dikonsultasikan dengan f tabel yaitu 3.21, dengan kesimpulan f hitung 9.024 > f tabel 3.21, maka dinyatakan bahwa: hipotesis dapat diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (X1) dan aktivitas dalam OSIS (X2) secara bersama-sama terhadap sikap demokratis (Y).Variabel pengaruh prestasi belajar Pendidikan kewarganegaraan memberikan sumbangan relatif sebesar 87% dan sumbangan efektif 25,1%. Variabel aktivitas dalam OSIS memberikan sumbangan relatif sebesar 13% dan sumbangan efektif sebesar 4%. Total sumbangan efektif X1 dan X2 terhadap Y yaitu 29.1% terhadap sikap demokratis. Hasil penelitian ini berhasil membuktikan adanya pengaruh positif yang signifikan dari prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan aktivitas dalam OSIS terhadap sikap demokratis siswa. Hasil ini juga dapat diartikan bahwa semakin tinggi prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan semakin tinggi aktivitas dalam OSIS, akan menyebabkan semakin tinggi pula sikap demokratis pada siswa tersebut, demikian juga sebaliknya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan aktivitas dalam OSIS merupakan faktor-faktor yang ikut mempengaruhi pembentukan sikap demokratis siswa yang bersangkutan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, Aktivitas dalam OSIS, Sikap Demokratis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 09:03 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29727 |
Actions (login required)
View Item |