Prahesti, Anis Meiyana and , Drs. Nur Chusni, SE.,M.Ag (2014) Pengaruh Media Pembelajaran Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri I Sambi Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (830kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Dfatra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (551kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS, 2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS, 3) pengaruh media pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Sambi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 226 siswa dengan sampel sebanyak 139 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 54,373 + 0,229 (X1) + 0,331 (X2), yang artinya media pembelajaran dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Media Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar IPS. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 3,713 > 1,978 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Lingkungan Belajar berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar IPS. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 4,749 > 1,978 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Media Pembelajaran dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar IPS. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung F > tabel F yaitu 16,404 > 3,062 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) Variabel Media Pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 7,077%. Variabel Lingkungan Belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 12,305%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 19,382%, sedangkan 80,618% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 08:02 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29721 |
Actions (login required)
View Item |