Sedyo, Prayogo (2014) Perhitungan Kinerja Bagian Jalinan Akibat Pembalikan Arus Lalu Lintas ( Studi Kasus JL. Kom. Yos Sudarso – JL. Kalilarangan Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (524kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (617kB) |
Abstract
Simpang JL. Kom. Yos Sudarso – JL. Kalilarangan merupakan salah satu simpang tak bersinyal di Kota Surakarta. Masalah yang sering terjadi di simpang tersebut adalah antrian kendaraan yang cukup panjang pada saat jam puncak, hal tersebut perlu mendapat perhatian karena ramainya arus lalu lintas yang terjadi sehingga menyebabkan kemacetan terutama pada jam-jam sibuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan membandingkan, pengaruh kinerja simpang jika dilakukan pembalikan arah lalu lintas terhadap kinerja simpang tak bersinyal. Metode penelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi dan pencatatan secara langsung di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil pengamatan langsung di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil instansi terkait. Sebagai dasar penyelesaian atau analisa data digunakan rumusan yang terdapat pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 untuk mengetahui tingkat pelayanan simpang. Adapun hasil analisis menunjukkan bahwa dari survey selama dua hari yang berbeda yaitu pada hari Rabu, 20 Nopember 2013 dan Sabtu, 23 Nopember 2013, diperoleh jam puncaknya di hari Rabu, 20 Nopember 2013 pada waktu 12.00 – 13.00. Pada jam puncak nilai kapasitasnya untuk simpang kondisi existing 2571,32 smp/jam, sedangkan derajat kejenuhannya (DS) 1,02, untuk kondisi pembalikan arah pada jam puncaknya nilai kapasitas terbanyak di setiap jalinan 1638,11 smp/jam. Untuk derajat kejenuhannya (DS) terbanyak di setiap jalinan 1,6. Dari analisis ulang perbaikan simpang diperoleh nilai kapasitas 2926,93 smp/jam, sedangkan derajat kejenuhannya (DS) 0,8. Sehingga tingkat pelayanan simpang layak dalam melayani arus lalu lintas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simpang Tak Bersinyal, Bagian Jalinan, Pembalikan Arus Lalu Lintas, MKJI 1997. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2014 09:02 |
Last Modified: | 05 Jul 2014 09:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29716 |
Actions (login required)
View Item |