Qusyairi, Wachid Achmad and , Ir. Bibit Sugito, MT and -, Wijiyanto, ST.M.Eng.,Sc (2014) Peningkatan Kekerasan Pada Permukan Bushing Dengan Heat Treatment Carburizing. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH_edit2.pdf Download (392kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (425kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
Abstract
Penggunaan logam dalam perkembanggan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai salah satu material penunjang yang sangat besar peranannya dan telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari dunia industri, sebab adanya ilmu pengetahuan dan teknologi akan menghasilkan produk industri yang berkualitas tinggi. Sebagai contoh adalah logam yang diterapkan pada bushing kereta api type S 45 C.Tujuan dari penelitian pada bushing kereta api type S 45 C adalah untuk mengetahui sifat kimia, struktur mikro, kekerasan dan proses perlakuan panas (heat treatment) konvensional yang dilanjutkan dengan quenching. Metode penelitian yang digunakan dalam pengujian adalah pengujian komposisi kimia 1 spesimen raw; pengujian struktur mikro 1 spesimen raw; pengujian kekerasan 1 spesimen raw; pengujian struktur mikro dengan proses perlakuan panas (heat treatment) konvensional yang dilanjutkan dengan quenching 3 spesimen carbon aktif, carbon tempurung kelapa, dan carbon jerami; pengujian kekerasan dengan proses perlakuan panas (heat treatment) konvensional yang dilanjutkan dengan quenching 3 spesimen carbon aktif, carbon tempurung kelapa, dan carbon jerami. Dari data hasil pengujian dan pembahasan pada pengujian bushing kereta api type S 45 C, untuk pengujian komposisi kimia dapat diketahui unsur yang mendominasi adalah mangan (Mn) : 0,6965 %; untuk pengujian struktur mikro ditemukan fasa austensit, fasa ferit, fasa perlit, dan fasa martensit bilah sebelum dan sesudah proses perlakuan panas (heat treatment) konvensional yang dilanjutkan dengan quenching; sedangkan pada pengujian kekerasan didapatkan nilai rata-rata pada spesimen raw yaitu 177 HBN, pada spesimen carbon aktif, carbon tempurung kelapa, dan carbon jerami dengan proses perlakuan panas (heat treatment) konvensional yang dilanjutkan dengan quenching yaitu 177,0. HBN, 557 HBN, 460,2 HBN, dan 561 HBN.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bushing, Heat treatment, Komposisi Kimia, Struktur Mikro, dan Kekerasan |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2014 08:25 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 22:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29715 |
Actions (login required)
View Item |