Kiranasari, Risa and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Kreativitas Belajar Melalui Strategi Problem Based Instruction (PBI) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDN Lalung 2 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikaso)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (195kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
00_HALAMAN_AWAL.pdf Download (475kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V melalui penerapan Strategi Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelasnya. Subyek penelitian adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas V SD Negeri Lalung 2, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi Gaya. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan prosentase kreativitas belajar pada kondisi awal atau pra siklus sebesar 54,5% meningkat pada siklus I sebesar 61,25% dan meningkat pada siklus II sebesar 75,41%.. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 40% siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan hingga siklus akhir pada siklus I meningkat menjadi 62,5% dan pada Siklus II meningkat menjadi 90 %.Kesimpulan dari PTK ini adalah bahwa penerapan strategi Problem Based Instruction dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Lalung 02 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Instruction, Kreativitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Jul 2014 08:54 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 00:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29693 |
Actions (login required)
View Item |