Penanaman Karakter Patriotisme Pada Siswa Tunagrahita (Studi Kasus di SMPLB Bina Karya Insani Cangakan Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014)

WAHYUNI, TRI and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko M.Pd. (2014) Penanaman Karakter Patriotisme Pada Siswa Tunagrahita (Studi Kasus di SMPLB Bina Karya Insani Cangakan Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (556kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (855kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik penanaman karakter patriotisme pada siswa tunagrahita, bentuk-bentuk penanaman karakter patriotisme pada siswa tunagrahita, dan hambatan-hambatan yang di alami dan solusi dalam penanaman karakter patriotisme pada siswa tunagrahita di SMPLB Bina Karya Insani Cangakan Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, guru Pendidikan Kewarganegaraan dan guru mata pelajaran lain, dan siswa SMPLB Bina Karya Insani Cangakan Karanganyar. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Karakteristik penanaman karakter patriotisme: siswa tunagrahita merupakan siswa berkebutuhan khusus dan cacat mental, siswa tunagrahita ada tiga golongan tunagrahita ringan, sedang dan berat, tunagrahita ringan dan sedang masih bisa diajak berkomunikasi tetapi IQ atau kecerdasannya rendah sedangkan tunagrahita berat sulit diajak berkomunikasi. Penanaman karakter patriotisme dengan mengikuti upacara, pramuka, baris berbaris, dan olah raga. 2) Bentuk-bentuk penanaman karakter mengenalkan tokoh pewayangan, diajak berkunjung ke kebun binatang maupun pantai. 3) Hambatan yang dialami dan solusi: Siswa tunagrahita memiliki keterbatasan dalam menerima pesan atau instruksi dari guru untuk mengikuti KBM, sulit menyebutkan contoh produk dalam negeri dikarenakan tingkat kecerdasan yang rendah, sulit untuk menggunakan bahasa Indonesia dikarenakan siswa sulit untuk berkomunikasi dan terbiasa menggunakan bahasa daerah, sulit untuk menyebutkan contoh kekayaan alam dan budaya Indonesia. Solusi yang digunakan adalah guru selalu menjelaskan dan mencontohkan secara langsung pada siswa tunagrahita contoh produk dalam negeri dan siswa diberikan ketrampilan, melatih menggunakan bahasa Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Karakter, Patriotisme, dan Siswa Tunagrahita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 01 Jul 2014 12:46
Last Modified: 19 Oct 2021 02:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29686

Actions (login required)

View Item View Item