Nurhadi, Wakhid and , Dra. Sundari, SH., M.Hum. (2014) Implementasi Penanaman Karakter Disiplin Dan Mandiri Dalam Ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (922kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (918kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk dan hambatan yang dihadapi dalam penanaman karakter disiplin dan mandiri dalam ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini yaitu pra lapangan, penelitian lapangan, analisis data dan dokumentasi. Analisis data model interaktif terdapat beberapa tahapan. Tahapan tersebut adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penanaman karakter disiplin dan mandiri dalam ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah sangat penting untuk dikembangkan. Siswa ditanamkan karakter disiplin dan mandiri yang berupa menghargai waktu, melakukan hal positif, tanggungjawab, menghindari sikap mengabaikan aturan, bersikap dan berperilaku yang lebih mengandalkan terhadap inisiatif, kemampuan dan bertanggungjawab pada diri sendiri secara konsekuen, tidak tergantung pada orang lain. Hambatan yang dialami dalam peanaman karakter disiplin dan mandiri dalam ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta antara lain Ada salah satu siswa atau hanya sebagian yang memang tidak dapat diatur, masih ada siswa yang berbicara sendiri sehingga mengabaikan perintah dari pelatih yang perintah itu adalah wujud dari tanggungjawab siswa, kurangnya peran guru dalam pelaksanaan kegiatan Tapak Suci Putera Muhammadiyah, tidak semua siswa memiliki rasa percaya diri dalam melaksanakan nilai bersikap dan berperilaku yang mengandalkan inisiatif, faktor orang tua yang kurang memperhatikan anak dalam dunia pendidikan, sehingga berdampak siswa tersebut tidak dapat bertanggungjawab pada dirinya sendiri, anak masih ada yang mengikuti pendapat temannya. Hal ini tentu saja menjadi penghambat dalam penanaman karakter disiplin dan mandiri dalam ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penanaman, karakter, disiplin, mandiri, Tapak Suci Putera Muhammadiyah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Jul 2014 09:54 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29677 |
Actions (login required)
View Item |