Subekti, Agung and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Strategi PBL (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pajang 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (738kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (531kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pajang 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui penerapan strategi PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa. Guru (peneliti) sebagai subjek pelaku tindakan, siswa subjek yang dikenai tindakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan analisis interaktif. Analisis interaktif terdiri dari tiga tahap, yakni: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA. Dilihat dari beberapa aspek indikator motivasi berikut : 1) Tekun dalam menghadapi tugas guru pada prsiklus menujukkan prosentase 48,23%. Siklus I menjadi 60,99%. Siklus II menjadi 90,49%. 2) Ulet dan tidak putus asa pada prasiklus menunjukkan prosentase 45,39%. Siklus I menjadi 67,38%. Siklus II menjadi 90,78%. 3) Tidak tergantung pada siswa lain pada prasiklus menujukkan prosentase 50,53%. Siklus I menjadi 64,54%. Siklus II menjadi 89,01%. 4) Senang rajin dan penuh semangat pada prasiklus menunjukkan prosentase 49,65%. Siklus I menjadi 67,72%. Siklus II menjadi 91,49. 5) Berani mempertahankan pendapat pada prasiklus menunjukkan prosentase 51,06%. Siklus I menjadi 68,70. Siklus II menjadi 91,84%. Hasil belajar IPA pada prasiklus menunjukkan prosentase 34,05%. Siklus I menjadi 68,08%, dan siklus II menjadi 85,85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pajang 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2103/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Hasil belajar, Strategi PBL (Problem Based Learning) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 30 Jun 2014 06:46 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 00:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29624 |
Actions (login required)
View Item |