Hanifah, Lolyta Nur and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Guided Note Taking Pada Siswa Kelas VB SD Negeri Mojolegi, Teras, Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (574kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (896kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan strategi guided note taking. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SD Negeri Mojolegi, Teras, Boyolali berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Peningkatan partisipasi belajar dalam antusias belajar dan mencatat materi prosentase pada prasiklus 38,63%, pada siklus I 60,22%, siklus II 88,63%. 2) Partisipasi belajar siswa dalam menjawab pertanyaan dan memberi tanggapan prosentase prasiklus 37,50%, siklus I 59,09%, dan siklus II 89,77%. 3) Partisipasi belajar siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal atau tugas, baik secara individu dan kelompok dari prosentase prasiklus 42,04%, siklus I 63,63%, dan siklus II 88,63%. 4) Partisipasi belajar siswa dalam menyimpulkan materi pelajaran prosentase prasiklus 42,04%, siklus I 52,27%, dan siklus II 82,95%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 45,45% siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan meningkat sebesar 68,18% pada siklus I, dan di akhir tindakan siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat menjadi 95,45%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran guided note taking dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VB SD Negeri Mojolegi, Teras, Boyolali tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Belajar, Hasil Belajar, Guided Note Taking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 30 Jun 2014 06:32 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 00:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29622 |
Actions (login required)
View Item |