Cahyaningrum, Dewi and , Drs. Sriyono, M.Pd (2014) Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Kesulitan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (115kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
||
PDF (BAb V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (967kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa, (2) pengaruh kesulitan belajar terhadap motivasi belajar siswa, dan (3) pengaruh lingkungan sekolah dan kesulitan belajar terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 200 siswa dengan sampel sebanyak 127 siswa yang diambil dengan teknik proposional random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 15,218 + 0,673 X± - 0,177 Xz, artinya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan sekolah dan kesulitan belajar. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu thituJig (9,525) > ttabgl (1,979) dan tingkat probabilitas 0,000 < 0,05. (2) kesulitan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu (-2,313) < ttabei (-1,979) dan tingkat probabilitas 0,022 < 0,05. (3) lingkungan sekolah dan kesulitan belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh hasil FhitUTig (52,180) > Ftabtrl (3,069) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R sebesar 0,457, berarti 45,7% otivasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lingkungan sekolah dan kesulitan belajar, sisanya sebesar 54,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan sekolah, kesulitan belajar, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jun 2014 12:09 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29613 |
Actions (login required)
View Item |