Pemahaman Konsep Dasar Akuntansi Keuangan 1 Ditinjau Dari Perilaku Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012

Kasih, Anggoro and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2014) Pemahaman Konsep Dasar Akuntansi Keuangan 1 Ditinjau Dari Perilaku Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (796kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (758kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh perilaku kecerdasan emosional terhadap pemahaman konsep Dasar Akuntansi Keuangan 1 pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012; 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep Dasar Akuntansi Keuangan 1 pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012; 3) Pengaruh perilaku kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep Dasar Akuntansi Keuangan 1 pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini secara nyata dapat diidentifikasi dengan jelas karena sifat dan identitas mahasiswa terdeteksi oleh manajemen universitas. Sampel diambil sebanyak 110 mahasiswa dengan teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis Two Way ANOVA. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman konsep Dasar Akuntansi Keuangan 1 pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012, hal tersebut dapat diterima. Berdasarkan analisis two way anova diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 9,398 > 2,060 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep Dasar Akuntansi Keuangan 1 pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012, hal tersebut dapat diterima. Berdasarkan analisis two way anova diketahui bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 1,430 < 1,982 dan nilai signifikansi > 0,05, yaitu 0,191. 3) Tidak ada pengaruh perilaku kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep Dasar Akuntansi Keuangan 1 pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012, hal tersebut dapat diterima. Berdasarkan analisis two way anova diketahui bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 1,610 < 1,727 dan nilai signifikansi > 0,05, yaitu 0,075.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Dasar Akuntansi Keuangan 1.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jun 2014 07:49
Last Modified: 19 Oct 2021 03:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29606

Actions (login required)

View Item View Item