Kritik Sosial Dalam Kumpulan Cerpen Iblis Ngambek Karya Indra Tranggono: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Di SMP Negeri 1 Surakarta

Lestari, Sri and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. (2014) Kritik Sosial Dalam Kumpulan Cerpen Iblis Ngambek Karya Indra Tranggono: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Di SMP Negeri 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (392kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan latar belakang sosio-historis pengarang kumpulan cerpen Iblis Ngambek, (2) menjelaskan struktur kumpulan cerpen Iblis Ngambek, (3) memaparkan kritik sosial dalam kumpulan cerpen Iblis Ngambek (IN) karya Indra Tranggono, dan (4) menjelaskan implementasi hasil penelitian di SMP Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian berupa kritik sosial dalam kumpulan cerpen IN. Data dalam penelitian ini yaitu paragraf yang menggambarkan kritik sosial. Sumber data berupa kumpulan cerpen IN karya Indra Tranggono. Teknik penelitian data yang digunakan yaitu teknik pustaka, simak dan catat. Data yang dianalisis berupa empat cerpen yang sarat dengan kritik sosial, yaitu: Iblis Ngambek, Monumen Tanpa Kepala, Ketika Angin Mati, dan Percakapan Patung-Patung. Teknik analisis data yaitu secara dialektik. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: (1) latar sosio-historis pengarang yaitu: Indra Tranggono merupakan orang Jawa sekaligus kritikus sosial sehingga berpengaruh terhadap karya sastranya. (2) Struktur keempat cerpen tersebut bertema sentral yaitu degradasi moral dengan penokohan nama-nama orang Jawa, alur keempat cerpen yaitu alur maju, dan memiliki latar waktu tahun 2000-an. (3) Dalam penelitian ini terdapat sembilan kritik sosial yang terdiri atas: kritik terhadap pengiriman TKW, kritik terhadap kesewenang-wenangan pemerintah dalam pengambilan keputusan, kritik terhadap ketidakmampuan rakyat kecil dalam menegakkan hukum, kritik terhadap degradasi moral, kritik terhadap kemampuan penguasa untuk melumpuhkan hukum negara dengan jabatan dan uang, kritik terhadap pengkhianatan anak bangsa, kritik terhadap ketidakmerataan kemakmuran, kritik terhadap rakyat yang tidak memiliki tempat mengadu, dan kritik terhadap kurangnya menghargai jasa pahlawan. (4) hasil implementasi terdiri atas: kesesuaian KD 3.1 memahami teks cerita pendek dan KD 4.1 Menangkap makna teks cerita pendek, materi ajar yang dihasilkan dari penelitian berupa teks cerpen, struktur cerpen, dan kritik sosial, dan pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas penyusunan RPP, pelaksanaan pembelajaran di kelas 7F dan respon guru terhadap hasil implementasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kritik sosial, Iblis Ngambek, Monumen Tanpa Kepala, Ketika Angin Mati, dan Percakapan Patung-Patung, implementasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jun 2014 11:10
Last Modified: 19 Oct 2021 11:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29557

Actions (login required)

View Item View Item