Identifikasi Materi Praktikum Mahasiswa Pendidikan Biologi Ums 2013/2014 Terhadap Kesiapan Implementasi Kurikulum 2013 SMP Kelas VII

Dewi, Imega Syahlita and , Dra. Hariyatmi, M.Si. (2014) Identifikasi Materi Praktikum Mahasiswa Pendidikan Biologi Ums 2013/2014 Terhadap Kesiapan Implementasi Kurikulum 2013 SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_Skripsi.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (719kB)

Abstract

Implementasi Kurikulum 2013 adalah langkah strategis dalam menghadapi globalisasi dan tuntutan masyarakat untuk menghasilkan mutu pendidikan yang berkualitas. Upaya Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMS dalam kesiapan implementasi Kurikulum 2013 adalah dengan memberikan bekal praktikum kepada mahasiswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai bagaimana pembekalan praktikum mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS terhadap kesiapan implementasi Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan teknik analisis data triangulasi, yaitu memadukan dan menggeneralisasikan hasil data dalam bentuk kalimat deskriptif secara terperinci dan apa adanya. Hasil identifikasi yang diolah menggunakan analisis data triangulasi dapat diketahui bahwa 7 item atau sebanyak 5,3% materi praktikum biologi di UMS masuk kategori ada dan sesuai dengan materi praktikum IPA SMP Kelas VII; 79 item atau sebanyak 59,8% materi praktikum biologi di UMS ada untuk pengayaan alumni; dan 46 atau sebanyak 34,8% materi dikategorikan belum ada, artinya materi praktikum IPA SMP kelas VII yang mengkaji bidang lain seperti fisika dan kimia belum dipraktikumkan di UMS, hal ini dikarenakan praktikum biologi di UMS lebih mengutamakan bidang kajian biologi dan pengayaannya. Berdasarkan perolehan prosentase tertinggi diperlihatkan materi praktikum biologi UMS digunakan untuk pengayaan alumni karena orientasi materi praktikumnya lebih mengarah pada materi praktikum SMA, sehingga disajikan secara lengkap dan mendalam, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembekalan praktikum biologi UMS sudah membekali mahasiswa dalam kesiapan implementasi Kurikulum 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi Kurikulum 2013, identifikasi pembekalan praktikum, materi praktikum, deskriptif kualitatif, analisis triangulasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 07:15
Last Modified: 18 Oct 2021 11:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29540

Actions (login required)

View Item View Item