Ariyani, Diah Wuri and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Keterampilan Berhitung Penjumlahan Bilangan Menggunakan Media Manik-Manik Warna Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas I SD Negeri 02 Demakan Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (810kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (51MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan bilangan pada siswa kelas I SD Negeri 02 Demakan Kabupaten Sukoharjo dengan menggunakan media manik-manik warna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan PTK, subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas I SD Negeri 02 Demakan Sukoharjo dengan jumlah 26 siswa, subyek pelaku tindakan yaitu peneliti yang bertindak sebagai guru. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan atau observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diunakan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berhitung penjumlahan bilangan pada siswa dalam mata pelajaran Matematika yang dapat dilihat dari indikator-indikator keterampilan berhitung penjumlahan yang mencakup: 1) Memahami konsep matematika, 2) Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, 3) Memecahkan masalah matematika yang meliputi kemampuan memahami masalah dan merancang model masalah, 4)Mengkomunikasikan masalah dengan symbol atau diagram untuk memperjelas masalah, yang mengalami peningkatan dari Pra Siklus 40 %, Siklus I 62,49%, Siklus II 86,63%. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata 53,84, pada Siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 73,08, dan pada Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 88,46. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan media manik-manik warna dapat meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan bilangan dalam mata pelajaran Matematika pada siswa kelas I SD Negeri 02 Demakan Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, berhitung, penjumlahan, Matematika, Media, manik-manik warna |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 12:39 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 00:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29534 |
Actions (login required)
View Item |