Peningkatan Keterampilan Berdiskusi Melalui Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD N 02 Demakan Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Putri, Desyta Happy Pramesti and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Berdiskusi Melalui Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD N 02 Demakan Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (797kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Demakan Sukoharjo dengan penerapan strategi Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini adalah PTK, subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Demakan Sukoharjo dengan jumlah 22 siswa, subyek pelaku tindakan yaitu guru . Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan atau observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berdiskusi siswa dalam belajar IPA yang dapat dilihat dari indikatorindikator keterampilan berdiskusi yang mencakup: 1) kelancaran, 2) kemampuan/ kekritisan menanggapi gagasan, 3) kemampuan mempertahankan pendapat, meningkat dari Pra Siklus prosentase mencapai 40,90%, Siklus I prosentase meningkat menjadi 63,63%, Siklus II prosentase meningkat menjadi 86,36%. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata 61, pada Siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 66,45 dan pada Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,3. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan Keterampilan berdiskusi pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Demakan Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berdiskusi, IPA, Strategi Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 12:10
Last Modified: 16 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29531

Actions (login required)

View Item View Item