Penerapan Strategi Pair Check Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri Kutoharjo 03 Pati Tahun Ajaran 2013/2014

Saputri, Puspa Wardhani Yudhi and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Penerapan Strategi Pair Check Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri Kutoharjo 03 Pati Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (929kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.Halaman_Depan.pdf

Download (489kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran_New.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa kelas V SD Negeri Kutoharjo 03 Pati pada mata pelajaran IPA melalui strategi Pair check. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Kutoharjo 03 Pati yang berjumlah 22 siswa. Sedangkan objeknya dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Pair Check dan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan Tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa pada akhir siklus II dalam hal Aktif mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru sebesar 86,4%. Menjawab pertanyaan atau mengerjakan soal di depan kelas sebesar 95,5%. Memberikan tanggapan dan mengajukan ide sebesar 81,8%. Dan Membuat kesimpulan dari materi baik secara mandiri atau kelompok sebesar 77,3%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Pair Check dapat meningkatkan partisipasi siswa mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Kutoharjo 03 Pati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pair Check, Partisipasi Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 12:03
Last Modified: 16 Oct 2021 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29530

Actions (login required)

View Item View Item