Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Implementasi Strategi Debat Aktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 1 Belang Wetan, Klaten 2013/2014

Mulani, Casila and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Implementasi Strategi Debat Aktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 1 Belang Wetan, Klaten 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (793kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 1 Belang Wetan Klaten melalui implementasi strategi Debat Aktif. Jenis Penelitian ini adalah PTK, subyek penelitian yaitu guru (peneliti) dan siswa kelas V SD Negeri 1 Belang Wetan dengan jumlah 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki serta 16 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Tehnik Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dapat dilihat dari indikator keterampilan berbicara mengalami peningkatan dari kondisi awal 51,72%, siklus I 79,31%, siklus II 96,55%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada kondisi awal 65,5%, siklus I meningkat menjadi 79,31%, dan siklus II 89,55%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui implementasi strategi Debat Aktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 1 Belang Wetan, Klaten 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia, Debat Aktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 11:54
Last Modified: 16 Oct 2021 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29529

Actions (login required)

View Item View Item