Penggunaan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD Negeri 03 Dawung Kec. Matesih Kab. Karanganyar Tahun 2013/2014

Indraswari, Vidya and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Penggunaan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD Negeri 03 Dawung Kec. Matesih Kab. Karanganyar Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (628kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 03 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan metode simulasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Dawung yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar PKn siswa setelah diterapkan metode simulasi. Perbandingan hasil indikator motivasi belajar pada tahap pra siklus 38,69%, pada tahap siklus I 51,03%, pada tahap siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 83,76% . Hasil belajar PKn sebelum tindakan (pra siklus) prosentase ketuntasan siswa 15,37%, pada siklus I prosentase ketuntasan 46,15%, dan pada siklus II prosentase ketuntasan siswa 92,31%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 03 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar PKn, Hasil Belajar PKn, Metode Simulasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 11:44
Last Modified: 16 Oct 2021 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29528

Actions (login required)

View Item View Item