Isdiati, Erni Harlina and , Drs. Djumali, M.Pd (2014) Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X I Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasuratahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01._Halaman_Depan.pdf Download (847kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._Bab_I.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Bab II)
03._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab III)
04._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._Daftar_Pustaka.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Lampiran)
08._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (793kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Tujuan Umum meliputi: Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Ekonomi. Tujuan Khusus :Mengetahui peningkatan keaktifan Pembelajaran Ekonomi dengan menerapkan Metode Two Stay Two Stray pada siswa kelas X I Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasura Tahun Pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana dalam masing-masing siklus terdapat empat tahapanya itu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran Ekonomi Objek penelitian adalah siswa kelas X I Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasura tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 21 perempuan .Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai penerapan metode Two Stay Two Stray dalam pembelajaran Ekonomi pada siswa kelas X I Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasura tahun pelajaran 2013/2014 menunjukkan keaktifan siswa sebelum tindakan 28,92%, setelah tindakan siklus I sebesar 58,32% dan meningkat menjadi 85,76% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan penerapan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X I Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasura tahun pelajaran 2013/2014 diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran Two Stay Two Stray, keaktifan siswa, Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 11:27 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29526 |
Actions (login required)
View Item |