Utami, Nining Tri and , Drs. Djumali, M.Pd (2014) Pengaruh Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (866kB) |
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (853kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar, 2) adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 3) adanya pengaruh kreativitas belajar belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 103 siswa dengan sampel 80 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y=20,969+0,924X1+0,325X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas belajar terhadap hasil belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 5,139 > 2,286 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,307 > 2,286 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,024; 3) ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 25,763 > 3,115 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 89,52% dan sumbangan efektif sebesar 35,9%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 10,48% dan sumbangan efektif sebesar 4,2%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,401 yang berarti 40,1% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan motivasi belajar , sisanya sebesar 59,99% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 10:48 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29521 |
Actions (login required)
View Item |