Kintari, Fidyah Fratika and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Pengaruh Konsentrasi Belajar Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2013/1014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (319kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (181kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Sragen tahun ajaran 2013/2014, 2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Sragen tahun ajaran 2013/2014, 3) Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Sragen tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen yang berjumlah 108 siswa. Sampel diambil sebanyak 84 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier ganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh konsentrasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,376 > 2,282 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,020. 2) Ada pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,305 > 2,282 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,024. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara konsentrasi belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 19,350 > 3,105 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel konsentrasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 50,8% dan sumbangan efektif 16,4%. Variabel kreativitas belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 49,2% dan sumbangan efektif 15,9%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel konsentrasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel kreativitas belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsentrasi belajar, kreativitas belajar dan prestasi belajar akuntansi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 10:24 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29518 |
Actions (login required)
View Item |