Penerapan Strategi Card Sort Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VII B Sekolah Menengah Pertama Al-Islam I Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Dahliana, Dahliana and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2014) Penerapan Strategi Card Sort Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VII B Sekolah Menengah Pertama Al-Islam I Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (703kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas VII B SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Al-Islam I Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi yang diperoleh dari setiap tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data motivasi siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 38,56%. Sedangkan dari hasil penerapan strategi Card Sort pada siklus I prosentase motivasi siswa meningkat sebesar 70,71%, siklus II mengalami peningkatan dengan prosentase sebesar 81,42%. Dari data diatas dapat disimpukan bahwa dengan penerapan strategi Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII B SMP Al- Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Card Sort, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 10:13
Last Modified: 19 Oct 2021 02:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29517

Actions (login required)

View Item View Item