Penanaman Pendidikan Karakter Religius Melalui Program Pagi Sekolah (Studi Kasus di MTs Negeri Surakarta 1)

Kurniawan, Bayu Tri and , Dra. Hj. Sri Arfiah, SH, M. Pd. (2014) Penanaman Pendidikan Karakter Religius Melalui Program Pagi Sekolah (Studi Kasus di MTs Negeri Surakarta 1). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter religius melalui Program Pagi Sekolah di MTs Negeri Surakarta 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Strategi yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian memperlihatkan penanaman pendidikan karakter religious melalui Program Pagi Sekolah yang meliputi taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, disiplin, saling menghargai, dan sopan santun, memang sudah terlaksana dalam kegiatan-kegiatan di Madrasah. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan tadaruz, membaca Asmaul Husna, sholat dhuha, dan jabat tangan antara bapak/ibu guru dengan siswa di pintu masuk Madrasah yang dilakukan secara rutin setiap hari. Selanjutnya penamaman pendidikan karakter religius melalui Program Pagi Sekolah yang meliputi taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, disiplin, saling menghargai, dan sopan santun juga sudah terimplementasi. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap siswa yang sudah terbiasa dalam melaksanakan ibadah sholat dhuha, tadaruz, membaca Asmaul Husna, mengucap salam dan mengetuk pintu ketika masuk ke ruang guru, mengucap salam dan berjabat tangan saat bertemu dengan bapak/ibu guru di lingkungan Madrasah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penanaman pendidikan karakter religius melalui Program Pagi Sekolah memang sudah terlaksana di MTs Negeri Surakarta 1.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter Religius, Program Pagi Sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 08:26
Last Modified: 18 Oct 2021 22:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29507

Actions (login required)

View Item View Item