Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Kalimat Mahasiswa Thailand Yang Belajar Di UMS (Aspek Ejaan, Kemubaziran, Kepaduan, Dan Kelogisan)

HARIYANTI, TRI and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. (2014) Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Kalimat Mahasiswa Thailand Yang Belajar Di UMS (Aspek Ejaan, Kemubaziran, Kepaduan, Dan Kelogisan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (746kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (622kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana bentuk kesalahan ejaan pada kalimat mahasiswa Thailand yang belajar di UMS? (2) bagaimana kemubaziran kalimat mahasiswa Thailand yang belajar di UMS? (3) bagaimana ketidakpaduan kalimat mahasiswa Thailand yang belajar di UMS? (4) bagaimana ketidaklogisan kalimat mahasiswa Thailand yang belajar di UMS? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan, bentuk kemubaziran, ketidakpaduan serta ketidaklogisan kalimat mahasiswa Thailand yang belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan di IPMITI (Ikatan Persaudaraan Mahasiswa Islam Thailand di Indonesia) cabang Solo Jl. Ahmad Yani, Tromol Pos I Pabelan Kartasura, Surakarta. Objek penelitian ini berupa kesalahan penulisan ejaan, kemubaziran, ketidakpaduan, dan ketidaklogisan kalimat mahasiswa Thailand. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari mahasiswa Thailand yang belajar di UMS. Teknik analisis data menggunakan metode agih dengan teknik lesap dan teknik ganti. Hasil penelitian ini adalah: pertama, dalam kalimat ditemukan kesalahan penulisan ejaan, kemubaziran, ketidakpaduan, dan ketidaklogisan. Kedua, kesalahan penulisan ejaan sebanyak 27 kalimat, adapun kemubaziran kalimat sebanyak 45 kalimat, ketidakpaduan kalimat sebanyak 24 kalimat, serta ketidaklogisan kalimat ditemukan sebanyak 18 kalimat. Ketiga, kesalahan penulisan ejaan meliputi kesalahan penulisan huruf kapital, kesalahan penulisan singkatan, huruf miring dan kesalahan penulisan kata depan ke dan di. Kemubaziran kalimat disebabkan penggunaan kata kopula, penggunaan dua kata atau lebih yang bersinonim, dan penggunaan kata yang berlebihan. Ketidakpaduan kalimat disebabkan oleh keterangan aspek yang diletakkan di depan subjek, menyisipkan kata depan diantara P dan O, penggunaan kata tanya yang kurang sesuai, tidak meletakkan objek, tidak menyertakan prefiks ber- dan me-, penggunaan kata depan di dan ke yang kurang tepat, interverensi dari bahasa asing (Thailand) serta kurang tepat dalam penggunaan kata ganti -nya. Adapun ketidaklogisan kalimat disebabkan oleh hubungan makna antara subjek dengan predikat dan kelogisan antara predikat dengen pelengkap atau objek.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemubaziran, kepaduan, kelogisan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 06:59
Last Modified: 19 Oct 2021 11:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29499

Actions (login required)

View Item View Item