Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Alam Pada Anak Kelompok A Di TK Islam Bintang Kecil Gajahan Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

Suprapti, Tri and , Dra Surtikanti, M.Pd and , Sri Slamet S,Pd., M.Hum. (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Alam Pada Anak Kelompok A Di TK Islam Bintang Kecil Gajahan Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan alam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 di TK Islam Bintang Kecil Gajahan Colomadu Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan pendidik. Data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak maupun untuk mengetahui proses permainan alam dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik komparatif yaitu membandingkan rata-rata kemampuan anak dengan indikator yang ditargetkan setiap siklus serta membandingkan pelaksanaan pembelajaran dengan tahap/prosedur pelaksanaan permainan alam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif sebelum tindakan sampai dengan siklus III menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan kemampuan kognitif yang dicapai sebesar 47,18%, siklus I mencapai 61,56%, siklus II mencapai 72,93%, dan siklus III mencapai 89,52%. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa menggunakan permainan alam dapat meningkatkan kemampuan kognitif di TK Islam Bintang Kecil Gajahan Colomadu Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Permainan Alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jun 2014 07:21
Last Modified: 19 Oct 2021 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29497

Actions (login required)

View Item View Item