Pengaruh Lingkungan Keluarga Demokratis Terhadap Minat Belajar Anak Kelompok B D TK Desa Sumberejo Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Khasanah, Nikmatun and , Dr. Darsinah, M. Si and , Drs. Haryono Yuwono,.SE.,M.Pd (2014) Pengaruh Lingkungan Keluarga Demokratis Terhadap Minat Belajar Anak Kelompok B D TK Desa Sumberejo Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
DEPAN.pdf

Download (537kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (212kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga demokratis terhadap minat belajar anak di TK desa Sumberejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh lingkungan keluarga demokratis terhadap minat belajar anak di TK desa Sumberejo kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh anak TK di desa Sumberejo, kecamatan Kerjo, kabupaten Karanganyar, yaitu TK Mekar Harapan, TK Sudirman, dan TK Sumber Ceria. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 140 anak, sampel yang ditetapkan 25% dari populasi, yaitu sebanyak 35 anak. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana, uji t, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: Hasil uji regresi linear sederhana dengan persamaan Y = a+bX = 28,650+1,265 diperoleh nilai koefisien regresi lingkungan keluarga demokratis positif, sebesar 1,265. (1) Hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar5,543lebih besar dari ttabel (nilai ttabel diperoleh dari α/2 ; n-k atau 0,05/2 ; 35-1 = 0,025 ; 34 = 2,042), artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara individual antara lingkungan keluarga demokratis dengan minat belajar anak. (2) Hasil uji R2 diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,466 atau 46,6%, artinya variabel minat belajar anak dijelaskan variabel lingkungan keluarga demokratis. Kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga demokratis dengan minat belajar anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan keluarga demokratis, minat belajar anak.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 13:11
Last Modified: 16 Oct 2021 14:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29481

Actions (login required)

View Item View Item