Nurhidayati, Reza and , Dr. Darsinah, M. Si and , Drs. Haryono Yuwono,.SE.,M.Pd (2014) Penerapan Model Pembelajaran Sentra Balok Di Paud Islam Makarima Kartasura Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (298kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (156kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran sentra balok di PAUD Islam Makarima Kartasura, Sukoharjo tahun ajaran 2013 / 2014. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Diskriftif Kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru sentra balok di PAUD Islam Makarima Kartasura, Sukoharjo tahun ajaran 2013 / 2014. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran sentra balok di PAUD Islam Makarima Kartasura, Sukoharjo. Data dikumpulkan melalui metode observasi terhadap proses pembelajaran sentra balok dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif yaitu dilakukan secara terus menerus sampai datanya jelas dengan melakukan observasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penerapan model pembelajaran sentra balok di PAUD Islam Makarima Kartasura, Sukoharjo tahun ajaran 2013 / 2014 pada pijakan lingkungan bermain belum sesuai karena tidak ada alas untuk membangun, jumlah balok tidak ada 100x jumlah anak, tidak ada balok warna, dan tidak ada balok keaksaraan, namun guru sudah menyusun balok sesuai dengan klasifikasi bentuknya. Pijakan sebelum bermain kurang sesuai karena guru seharusnya memberi stimulasi cara membangun bukan mencontohkan membangun. Pijakan selama bermain sudah sesuai karena semua aspek pada pijakan selama bermain sudah dilakukan dengan baik. Pijakan setelah bermain sudah sesuai karena pada pijakan ini ada kegiatan beres-beres dan recalling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran sentra balok di PAUD Islam Makarima Kartasura, Sukoharjo tahun ajaran 2013 / 2014 kurang sesuai dengan pedoman penerapan sentra.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Sentra, Sentra Balok |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 18 Jun 2014 12:52 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 14:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29478 |
Actions (login required)
View Item |