Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kecakapan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Islam Makarima Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014

Lestari, Desa Arum and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. and , Wili Astuti, S.Pd, M.Hum (2014) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kecakapan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Islam Makarima Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (724kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya kecakapan sosial anak yang perlu ditanamkan sejak usia dini. Kecakapan sosial (social skill) atau kecakapan antar personal (interpersonal skill) adalah kecakapan komunikasi dengan empati, dan kecakapan bekerjasama. Maka kecakapan sosial itu adanya interaksi sehingga terjadinya kemampuan untuk dapat berkomunikasi serta adanya kerjasama dengan orang lain. Pengembangan kecakapan sosial meliputi perkembangan hubungan anak dengan orang sekitar, karena berkurangnya anak usia dini yang mampu berkecakapan sosial disekelilingnya banyak beragam permainan modern yang dapat membuat anak menjadi monoton terhadap orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kecakapan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Islam Makarima tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah TK kelompok B2 sejumlah 22 anak. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data mengenai kecakapan sosial anak yang didapatkan melalui observasi awal. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesisi penelitian ini adalah dengan uji paired sample t-test. Pengujian paired sample t-test menghasilkan thitung -18.139 dan nilai ttabel ≤ -1,721 yang berada pada Ho ditolak dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil ini, maka keputusan hasil uji hipotesisnya menolak Ho yang berarti bahwa ada pengaruh metode bermain peran terhadap kecakapan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Islam Makarima tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode bermain peran, kecakapan sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 17 Jun 2014 12:54
Last Modified: 19 Oct 2021 11:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29458

Actions (login required)

View Item View Item