Pangastuti, Andini and , Prof. Budi Murtiyasa, M. Kom, (2014) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Strategi Think-Talk-Write (PTK Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri 1 Nogosari 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (865kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (950kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui strategi Think-Talk-Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas da penerima tindakan kelas adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Nogosari yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan analisis, untuk mengetahui kemampuan siswa diberikan tes tertulis. Setelah mendapat data, kemudian menghitung persentase nilai siswa yang mampu mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematik.Hasil penelitian menunjukkan: 1) kemampuan menjelaskan ide matematik secara tulisan dalam bentuk aljabar sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 65,62%; 2) kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahsa atau simbol matematika sebelum tindakan 15,62% dan setelah tindakan 68,75%; 3) kemampuan mendengarkan, beridiskusi, dan menulis matematika sebelum tindakan 21,88% dan setelah tindakan 75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Think-Talk-Write dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi think-talk-write, komunikasi matematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 12:49 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29457 |
Actions (login required)
View Item |