Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Permainan Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A Di Tk Pertiwi Puro I Karangmalang Sragen Tahun Pelajaran 2013-2014

Sari, Ririn Eka Ratna and , Dr. Darsinah, M. Si (2014) Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Permainan Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A Di Tk Pertiwi Puro I Karangmalang Sragen Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kognitif anak kelompok A melalui kegiatan permainan bentuk geometri Taman Kanak-Kanak Pertiwi Puro I Karangmalang Sragen, Tahun Ajaran 2013/2014. Kognitif merupakan salah satu dari lima perkembangan yang harus diterapkan sejak usia dini. Mengembangkan kognitif anak dapat dilakukan dengan salah satu cara yaitu melalui kegiatan mengenal konsep bentuk, warna, ukuran dan pola dengan menggunakan permainan bentuk geometri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Pertiwi Puro I Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Jumlah anak yang diteliti sebanyak 16 anak, yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Penelitian ini bekerjasama dengan guru kelompok A. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, keabsahan data menggunakan interval kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kognitif anak dengan menggunakan permainan bentuk geometri dengan prosentase sebelum tindakan 34,3%, siklus I 70,8%, dan siklus II 82,25%. Kegiatan pengenalan konsep bentuk, ukuran, warna dan pola dilakukan menggunakan bentuk-bentuk geometri, sehingga anak dapat bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan bentuk geometri dapat mengembangkan kognitif anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Pertiwi PuroI Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan konsep bentuk, ukuran, warna dan pola, bentuk geometri, perkembangan kognitif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 17 Jun 2014 12:11
Last Modified: 19 Oct 2021 10:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29449

Actions (login required)

View Item View Item